Mari "Meniup" Balon Tanpa Meniup

Hai mak di segala penjuru dunia per-DIY-an, kali ini saya mau berbagi cerita tentang seseruan bareng kaka Muthia. Setelah sebelumnya kita sudah bikin susu pelangi, eh pelangi di susu, hari itu kita bikin eksperimen ala-ala ilmuwan cilik.

Tentang DIY game sebelumnya bisa baca di  DIY Magic Milk and The Rainbow

 FYI, dia ini suka banget sama yang namanya balon, sedangkan maknya adalah sesosok makhluk yang sangat paranoid dengan benda mengerikan itu. Iya, saya suka ngeri sendiri kalo liat balon buu, apalagi kalo besaaar dan kulitnya tipiis. Hadooh, pengen kabur aja rasanya. Padahal saya ga punya trauma masa lalu, tiba-tiba aja parno itu melekat bahkan sampai setua ini.


Jadi ceritanya hari itu saya beli balon tapi bukan untuk ditiup, saya beli buat simulasi kerja paru-paru yang ada di buku Muthia.

Dia suka minta dibacakan buku ini dan kadang-kadang merengek minta dipraktekkan. Berhubung bahannya ga ada jadi entah berapa kali saya menundanya, terus dan terus menunda (harap jangan dijadikan contoh).

Nah pas balonnya udah kebeli eh dia malah lupa sama bukunya dan beralih ke agenda yang sama sekali tidak penting, saya disuruh menggelembungkan balon yang dibeli ini satu-satu!! Ish ish ish,tak betul tak betul....

Maless kan ya kalo disuruh melakukan hal yang tidak kita sukai. Untungnya saya banyak akal  (narsisnyaaah 😒) jadi hari itu saya bikin eksperimen lain yang lebih sederhana dibanding simulasi cara kerja paru-paru, dan saya beri judul percobaan kali ini "Meniup" Balon Tanpa Meniup.
What??

Karena sangat simpel, percobaan ini kita hanya perlu; botol, cuka, baking soda, dan balon. Ga perlu sampai menghamburkan isi pedapuran kan yak?
How to;
1. Masukkan baking soda ke dalam botol
2. Tuang cuka ke dalam botol berbaking soda
 
3. Masukkan mulut balon ke dalam mulut botol sesegera mungkin
4. Taraaa... Balon akan mengembang tanpa kita tiup


Percobaan yang sempat saya dokumentasikan di atas adalah percobaan pertama kali, saat saya masih pakai air untuk larutannya. Percobaan kedua lantas saya hilangkan dan saya ganti perasan jeruk limau. Hasilnya balon lebih cepat mengembang daripada yang pakai air. Hanya saja karena baking sodanya sisa sedikit jadi saya kemaren kurang banyak ngasihnya alhasil balonnya mengembang kurang besar. Jadi, saran saya buat makmak kreatif (bukan kere dan aktif loh) yang mau bikin juga, jangan pelit sama bahan-bahannya ya, masukkin aja semuanya lah... Cukanya jangan medit, kira-kira 1 botol cukup, perasan jeruknya dibanyakin, dan baking soda sekitar 3-4 sdm niscaya balonnya akan cepat menggelembung besar daan....buuum meledak! Ga denk, becanda 😂

Kenapa bisa gitu ya?
Cuka atau asam asetat adalah salah satu jenis asam, lebih tepatnya asam lemah. Sedangkan baking soda adalah salah satu jenis basa. Ketika keduanya dipertemukan maka akan terjadi reaksi netralisasi yang akan menghasilkan karbondioksida. Sebenarnya dengan menggunakan cuka dan baking soda saja balon sudah bisa mengembang, tapi penambahan air jeruk akan memperkuat keasaman larutan cuka sehingga akan semakin banyak karbondioksida yang terbentuk. Karbondioksida inilah yang nantinya akan mengisi ruang hati eh relung hati...eeh, ruang balon maksudnya, sehingga balonpun akan mengembang.
Gas karbondioksida hasil reaksi naik ke atas mengisi balon
Naah, bisa kan "meniup" balon tanpa meniupnya?!  Coba sendiri yuk 😉

Keep Do It Yourselves 😘
***
Bonus
Kami berdua sedang asyik bereksperimen ternyata si doi asyik juga....behambuuuurrr. Wkwkwkwk... 
Terekam jejak si gundul


Tidak ada komentar:

Posting Komentar