Peeling Habis? Saya Tidak Takut! Coba Buat Sendiri Aja



Assalamu'alaikum maak....

Kali ini saya pengen sharing cara bikin peeling sendiri di rumah. Berawal dari 2 hari lalu muka saya mulai menunjukkan kekusaman tapi apa daya peeling bubuk yang biasa saya pakai sedang habis dan belum nyetok lagi karena panas dan malas pergi ke luar jadilah ide bikin peeling ini datang.

Tau peeling kan ya? Peeling itu  perawatan muka buat eksfoliasi alias pelepasan sel-sel kulit mati. Ya ya ya, macam luluran begitu, tapi lulur wajah dengan butiran scrub yang lebih halus dari lulur badan. Peeling penting banget buat mempercepat pengelupasan sel kulit mati dan mencegah komedo. Tapi kenapa ya komedo terus muncul walau sudah dibersihkan. Yang mau tau jawabannya, saya pernah ngulik sedikit asal muasal komedo, check it out maak....

Baca juga Talk About Standup Komedo
Peeling langganan.
I'm a part of Mustika Ratu' lovers
Kalian pernah jalan-jalan ke blog Lintang? Saya udah kenyang tuh, dari tahun 2014 sampai sekarang, jadi saya keracunan DIY skincare juga. Ga se-complicated yang Lintang bahas (karena muka saya ga sedang breakout atau bermasalah yang lain)  jadi DIY saya mah biasaah sajaah, super duper simple, just look my kitchen and take some of bahan dari sana (?).

Kebetulan anak saya lagi seneng main sains sederhana, bikin balon yang meniup sendiri, gunung berapi, dll jadi saya sedia bahannya di rumah. Mainan sains yang saya sebutkan itu memakai soda kue dan cuka sebagai bahan utama reaksinya. Jadi, bisa ditebak saya bebikinan skincare kali ini pakai apa.  Yaap,  saya pakai soda kue sisa anak main. Ga pake cuka juga sih,  hahah (jadi apa muka ini nanti *plaaak)

Tau donk soda kue alias natrium bikarbonat?  Yang bikin kue mengembang, bentuknya bubuk. Kalo di barat sana DIY berbahan soda kue sempat ngehits beberapa tahun lalu. Memang ya orang-orang sana pada suka DIY-an, apa aja dibuat sendiri (DIY = Do It Youselves = handmade = bebikinan ala sendiri)
Soda kue atau baking soda sama ya
Beberapa hasil yang diklaim;  wajah tampak lebih putih, mengempeskan jerawat, dan menghilangkan komedo. Tapi khusus di tulisan ini saya hanya membuktikan yang ketiga. Kenapa?  Just scroll down and keep reading.

Kalian mau bikin? Lumayan banget ga usah beli peeling....
Bahan-bahan;
Soda kue
VCO (virgin coconut oil)

Takarannya berbeda-beda tiap jenis kulit. Yang punya oily skin perbandingan soda kue dan vco 2:1, normal 1:1, dan kulit kering 1:2
VCO bukan minyak kelapa buat goreng ya
Kalo saya karena sekarang cenderung normal jadi pakai perbandingan 1:1, 1/2 sdt soda kue dan 1/2 sdt vco,  pakai takaran yang langsung habis sekali pakai. Cukup diaduk rata dan balurkan ke wajah, diamkan 1 menit lalu pijat (jangan digosok please) kemudian bilas dengan air hangat supaya vconya ga nempel lagi. 

Hasilnya? Seperti yang diharapkan, komedo hilang.  Ada lagi?  Ya, saya berasa kulit wajah mengencang, eh tapi itu setelah pake masker teh hijau, bikin sendiri juga.

Eh, kalo ga punya VCO gimana. Boleh diganti sama minyak zaitun koq, asal jangan minyak sawit aja ya 💔. Kenapa harus pakai minyak sih? Karena untuk meminimalisir soda kue langsung mengenai wajah karena gesekannya lumayan bikin perih, jadilah saya tambahi VCO buat pelumasnya. Tapi, VCO lebih dari sekedar melumasi. Dia punya nutrisi yang sangat baik. Lain kali deh saya mau bahas VCO khusus di artikel lain.

Kalo dipake rutin kira-kira bisa putih ga ya?  Saya sih belum membuktikan karena tujuan saya sebenarnya hanya untuk komedo. Tapi banyak koq yang membuktikan wajahnya jadi bersih kinclong setelah rutin menggunakannya.

Terbukti koq ga mau membuktikan sendiri?

Naah, ini nih yang saya baru tau maak. Ternyata soda kue itu pH nya 9 dan konon katanya terlalu alkali buat muka, takutnya malah mengiritasi kulit. So? Saya pakainya ga serutin 2x sepekan gitu, paling 14 hari sekali ya sesuai waktu regenerasi kulit manusia. Kalopun gatel banget tangan ini pengen mencetin komedo ya bolehlah peeling saat komedo menyerang, tapi di tempat komedo berada aja, ga usah semukaan. Dijamin, ntu hidung mulus lagi, insyaa Alloh.

Tapi kalo mau tetep mutihin kulit saya mending tetap sama my gorgeous daily cream, krim sejuta umat, krim yang benar-benar bergizi. What's that??  Saya pernah ulas di postingan lama saya. 
Baca juga Review Gizi Super Cream, Krim yang Benar-benar Bergizi.

How about you, mak? Wanna try?? 

11 komentar:

  1. Soda kue ada sih.. VCO ga ada hihi.. Bs g y pke minyak zaitun.. ��

    BalasHapus
  2. Ada noh jawabannya di atas... Hhh. Hayyoh....

    BalasHapus
  3. Aku juga sering denger kalo soda kue bagus buat bersihin wajah. Tapi aku takut pake, soalnya sekarang kulitku berubah jadi kering cenderung sensitif :(

    Tapi kayaknya oke juga nih kalo dipake buat mutihin punggung kakiku yg belang2 nggak karuan ini 😂

    BalasHapus
  4. Makanya aku pakein minyak vco atau zaitun mba, dan makenya sebulan 2x doank sesuai waktu regenerasi kulit, tapi klo buat hidung makenya setiap kali komedo datang
    Jangan digosok, jangan keseringan, jangan ga pakai minyak... Insyaalloh ga sampai iritasi mba

    BalasHapus
  5. Pas banget peeling aya mau game over 😂, Cus beli Soda kue 😂. Makasih mba Fika 😘

    BalasHapus
  6. Dan akhirnya aku paham apa itu peeling kwkwkwkw. Gak telaten sama per make up an, makanya bingung ngilangin komedo pakai apa kwkwkw

    BalasHapus
  7. Peeling langganan kita sama mbak...

    BalasHapus
  8. Pengen coba juga ne mbak, maunnya ditarok gambarnya supaya tahu hasilnya.

    BalasHapus