Resep Ice Cream Super Simple



Assalamu'alaikum. . . .

Lagi musim kemarau ya, hawanya panas banget, di tempat saya sampai dibikinkan hujan buatan loh. Koq tau? Iya, habis helikopter bolak-balik lewat terus malamnya byuurr, hujaaan. . . .

Karena cuacanya panas inilah saya tergoda untuk membuat es krim. Apa? Rempong? Ga sama sekali. Ini super simple, ga percaya? Laah, saya kan sukanya yang cepet kalo apa-apa satset satset bereess, xixixi. Jadi percaya aja ya kalo ini bener-bener es krim super simple.... *maksa ih

Karena saya suka es krim dung-dung jadi resep ini menggunakan santan, saya skip susu kental manis atau susu bubuk.

Bahan-bahan:
  1. Santan 600 mL (air matang 600 mL + santan kental 100 mL)
  2. Gula 7 sdm
  3. Tepung jagung 3 sdm (biasa pakai merk Maizena)
  4. Agar-agar bubuk setengah sachet
  5. Emulsifier 1 sdt (pelembut kue, misalnya merk; SP, Ovalet, TBM)
How to:
  1. Masukkan santan, gula, tepung, agar-agar ke dalam panci, lalu aduk rata
  2. Nyalakan api, didihkan sambil terus diaduk. Tunggu sampai mengental dan meletup-letup. Matikan
  3. Angin-anginkan adonan dalam wadah, setelah dingin masukkan dalam freezer
  4. Tim emulsifier dengan cara memanaskannya sampai mencair, dinginkan.
  5. Keluarkan adonan es krim lalu campur dengan emulsifier, mixer sampai mengembang
  6. Masukkan ke dalam kulkas dan tunggu sampai mengeras.
Hasilnya?
Es krim nya lumerrr, lambat dikit udah mencair lagi dia. Khas es krim dung-dung banget lah pokoknya. 

Ada beberapa poin yang mau saya ulas sedikit di sini, mungkin salah satunya terpikirkan di benak emak-emak sekalian.

Kenapa pakai emulsifier? Karena saya belum berhasil bikin yang tanpa bahan itu. Pernah bikin dengan skip emulsifier, hasilnya malah kaya es keroo 😭 ga ada spesial-spesialnya blas....

Sebenarnya bisa saja tanpa si Mr.E ini, dengan cara tradisional atau dengan menambahkan whiped cream bubuk. Cara tradisional adalah dengan menggunakan es balok besar ditambahkan garam krosok untuk menurunkan titik bekunya sambil diputar-putar di dalam tabung. Saya? Ga ku-kuu mau bikin kaya ginian yaah 😂.
Es dung-dung asli menggunakan 2 tabung, yang besar untuk es balok dan garam krosok dan yang kecil untuk adonan esnya serta ada pemutarnya

Atau dengan menambahkan whiped cream untuk membentuk tekstur es krimnya, hmmm bisa juga, tapi saya sendiri kurang sreg sama rasanya, kurang fresh aja di lidah saya.

Oya, penting banget mendapatkan emulsifier yang berlogo halal MUI yah, karena titik kritis halal Mr. E ini nyata sekali, jadi pastikan yang emak pakai di rumah itu yang halal ya.

Kenapa pakai agar-agar? Karena saya mau menambahkan aroma vanili di es krim buatan saya. Berhubung mencari vanili bubuk yang berlogo halal MUI nya agak susah jadi saya memanfaatkan agar-agar untuk menambah aroma dan rasa.

Sengaja ga bikin es krim rasa cokelat atau buah, emang pengen yang putih vanila, lagi pengen nostalgia ke jajanan masa kecil. Oya, yang saya baca juga bubuk agar-agar bisa membantu agar es krim tidak cepat meleleh setelah terkena suhu ruang.

Kenapa pakai santan instan? Karena eh karenaa saya emak-emak rempong jadi santannya yang anti rempong, hihihi. Tenang, santan instan yang kental (bukan yang bubuk) itu ga pakai zat pengawet koq maak, mereka cuma pakai sistem pasteurisasi buat mematikan bakteri penghasil jamur. Tapi ya itu kekurangannya, santannya ga segar dan agak bau tengik. Sebenarnya saya kurang suka. Kalo mak rajin pakai santan segar aja dicampur daun pandan ngerebusnya. Itu dijamin lumer dan enyaaakkk. 

Ok, sekian resep es krim sederhana dari emak Muth ya, silakan coba sendiri di rumah😍.
\




4 komentar:

  1. Aku mau recook tp inget farisha ga suka jenis dung2 akhirnya ga jadi.. Hiks.. Ditunggu resep paddle pop ya mak.. Aq ga bisa blasss... Huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba bikin smoothie buah aja mba win, bekukan dalam cetakan es krim berstik, itu kalo beku sangat teksturnya 11 12 sama paddle pop punya *sok tau 🙈

      Hapus
  2. Oalah, oke oke... Tp dipikir iya juga sih, kalo dimasukin agar2, harusnya eskrim memang ga terlalu gampang cair ya mba :D. Aku mau coba ah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo macam es dungdung memang mudah cair mba. Kalo padat kaya es kero naah baru lambat cairnya :D

      Hapus