[FBB is Turning One] Say, Hi Wonderfull Baby!

Assalamu'alaikum....

Hollaaah, apa kabar mak?
Semoga selalu dalam kesehatan dan "kewarasan" yang prima ya πŸ’– (yang merasa sesemak-an zaman now taulah ya maksudnya "waras" *heuu)

Kenapa sih hampir selalu nanya kabar di setiap tulisan? 

Karena saya pengen mak reader yang setia nongkrongin blog saya selalu sehat jiwa raganya. Iya, yang setia makasih banyak ya udah mau meluangkan baca blog reremahan ini, semoga ada manfaatnya walau sedikit.

Kita para emak emang kudu seterong jasmani dan rohani karena setiap hari berjibaku dengan pekerjaan rumah tangga yang seperti sambung menyambung tidak ada habisnya, berjibaku pula dengan bocah-bocah yang sepertinya tidak pernah lelah bereksplorasi (baca: menghambur rumah beserta isinya). Cukup? Belum... Karena masih harus ditambah lagi dengan perang opini "working mom vs stay at home mom" atau "sufor vs ASI" atau "caesar mom vs normal mom" (Ok, yang terakhir agak ngaco kayanya). Tapi setuju kan jadi emak kudu seterong?

Gimana mak supaya seterong? Jaga pola makan, jaga ruhiyah, dan jaga pola pikir supaya hormon kortisol pemicu stress bisa stabil, yess! Opini-opini yang suka membenturkan dan bernada nyinyir abaikan saja walaupun aslinya sukses bikin baper. Reframing aja, ambil bagian positifnya, buang jauh-jauh sisi negatifnya. OK?! #mirrortalk

Karena sehatnya emak, cerianya emak, senyumnya emak itu adalah bahagianya semua anggota keluarga. Betul tidak???

Ini kenapa ya koq sepertinya auranya membara sekali?πŸ”₯

Maklum ini kan bulan Oktober sistah, bulannya sayah, jadi semangat banget! sesemangat nerima hadiah *eh 

Abaikan, ga penting....

Karena ada yang jauh lebih penting dan  jauh lebih spesial lagi dari sekedar itu. Hal yang bikin saya menulis awfully blogpost kali ini? Apaan tuh?


FBB is turning ONE this month! Yeaaahh 🎊

Sebelum lebih jauh lagi melangkah dan ada yang salah kaprah mengira FBB seperti organisasi dunia macam PBB, saya akan menjelaskan sedikit apa itu FBB secara so much so hard and so constantly.

FBB adalah singkatan dari Female Blogger Banjarmasin. Sesuai namanya grup ini adalah tempat bergabungnya blogger-blogger perempuan Kalimantan Selatan. Mau mahasiswi atau mommy-mommy, mau singlewati atau sudah merit semuanya boleh gabung asal punya blog dan aktif menulis di blognya. 

Nggg...nganu, emak kan ga domisili Kalsel lagi kan yah?

Huaaaaa
😿Iya nih, udah ga di Kalsel lagi, tapi hati aku kan masih di sana sampai kapan pun *eaaaa

FBB juga punya kepengurusan inti loh yang terdiri dari ketua, wakil, sekretaris, bendahara, dan public relation. Walaupun kami ga punya markas tapi setiap ada event yang memungkinkan berkumpul kami akan mengusahakan untuk itu.
Ok, kali ini markasnya di emol yak 😁

Di dalam FBB terkumpul berbagai jenis blogger dengan nichenya masing-masing. Ada beauty blogger yang update (pake banget) masalah make up dan skincare, ada travelling blogger yang lihai menggiring pembaca seolah-olah berada di tempat yang sama seperti yang dia kunjungi, ada juga yang food blogger yang sukses membuat reader ngiler di tempat. Ada juga lifestyle blogger yang suka berbagi apa saja, mulai dari tutorial, tips, resep, bahkan sampai nyurcol pun ada. Menurut saya niche yang terakhir ini paling aman untuk saya gunakan, karena you know lah betapa gado-gadonya blog emak satu ini, hahahah.

Awalnya FBB hanya beranggotakan 3 - 5 orang yang sekarang menjadi pilar kokoh kepengurusan inti. Tanggal 6 Oktober 2016 kemudian dipilih menjadi hari lahirnya komunitas ini. Masih baby, masih piyik, masih imut-imut tapi sudah cukup solid dan kuat kebersamaannya, setidaknya itu yang saya rasakan. Setahun sudah FBB berdiri dan anggotanya mulai bertambah secara bertahap sampai sekarang berjumlah 13-15 orang.
Hello, my wonderful baby!
Kalo salah satu dari kalian ada yang blogger asal Kalimantan Selatan dan mau ikutan gabung komunitas ini, bisa banget! Atau kalian yang mau tau seputar kegiatan anggota FBB juga bissaa bangett! Caranya? Follow aja twitter dan instagram FBB yak.

Nah, sekarang saya mau flashback sedikit ke beberapa bulan lalu, di mana saya mulai bergabung ke dalam komunitas ini. Saya masuk menjadi anggota FBB sekitar bulan puasa tahun ini tepatnya bulan Mei, hmm masih baru banget kan? Waktu itu blognya masih di wordpress dan belum punya domain sendiri.  Kalo dilihat-lihat dari semua anggota yang aktif di grup sepertinya sayalah yang paling newbie, hehe. Gimana ga newbie di saat anggota lain sudah 2 3 tahun yang lalu ngeblog saya baru hitungan bulan. Di saat yang lain udah bisa menghasilkan sesuatu dari blognya (dengan menerima job review dari agen atau jadi buzzer) saya masih berkutat dengan konten blog dan segala tetek bengeknya. Hmmm, kasian deh eykeeh πŸ˜‚.

Sebenarnya sih, saya sudah berkenalan dengan dunia blogging sekitar 2 tahunan lalu, tapi waktu itu dalam proses pembuatan blog perdana saya masih random banget. Maksudnya?? Ya, si mamak gaptek stadium 3 ini entah masuk darimana tiba-tiba berhasil membuat satu dua akun dan menulis blogpost  di dalamnya.

Tapi ya karena niatnya belum terlalu kenceng ditambah tujuan ngeblog ga jelas saya lantas lupa sama sekali kalo saya punya blog yang harus diurus dan akibatnya saya lupa bagaimana caranya masuk ke akun saya sendiri, wkwkwk *gaje banget *minta ditabok.

Dan singkat cerita, -demi melihat ipar saya yang akhirnya punya blog juga- awal bulan April saya lantas memulai lagi petualangan jemari saya and finally got my own domain on August.

Yeaay, I have a real blog, learn to build it and wanna be a mommy blogger....  Semoga ga lupa lagi sama passwordnya yah....

Sejauh ini sepertinya saya menyukai dunia blogging. Dunia menulis yang menautkan saya dengan berbagai blogger di seluruh tanah air, berbagi cerita ke orang lain dan menyimak cerita juga dari orang lain. Dari blogging saya juga belajar berinteraksi dengan banyak orang walaupun lewat dunia maya, menyerap berita dan informasi dari berbagai pandangan untuk kemudian menyaringnya dan menyimpannya di kepala.

Dari blogging saya juga terpaksa belajar ilmu TI (Teknologi Informatika) yang selama sekolah adalah sesuatu yang paling tidak saya sukai. Saya yang buta TI ini benar-benar harus belajar secara otodidak, mulai dari cara memasang template, memilih template yang SEO dan responsive, mengatur menu navigasi, membaca Google Analytics, sampai sok bisa mengedit-edit kode script di HTML dan berujung super panik karena gagal memasukkan codingnya *muahaha. Benar-benar memacu adrenalin saya yang gaptek ini.

Dan lebih jauh dari itu semua, blogging menjadi salah satu self-healing saya atas Post Partum Depresion (PPD) yang saya alami setahun lalu. Ok, mungkin saya akan menceritakannya lain kali. Setelah mencoba memasuki dunia menulis ini perlahan perasaan bergejolak selama PPD saya mulai tertata walau masih harus belajar lagi untuk bab "Sabar". Tapi, jujur saya merasakan ketika menulis ada emosi yang tersalurkan dengan baik. Dan saya mengakui saya lebih baik dari diri saya setahun lalu, biidzniLlaah....Dan saya sangat mengamini kata-kata mba Alaika.

Writing is one of self-healing (Alaika Abdullah, Blogger Perempuan)

Beberapa saat lalu saya dengar ada yang berkata bahwa "profesi" blogger sedang naik daun dan (ada yang men-judge) banyak yang ber-blog ria karena aji mumpung alias menjadi blogger hanya sebatas "kekinian", tapi saya pilih untuk tak ambil pusing. Cukup karena menulis bagi saya adalah sebuah terapi saya akan tetap menulis sampai kapanpun, insya Alloh. If you have one specific passion you will understand what my "why" .


🌺🌺🌺

Oya, saya juga mau ngucapin makasih yang sebanyak-banyaknya buat orang-orang yang sudah mendukung saya di sini, pertama dan yang terutama adalah suami saya, yang sudah ngerti banget kalo istrinya sekarang adalah blogger amatir, yang memberikan kelonggaran waktu, yang perlu me time sebentar di depan komputer untuk mencurahkan segenap uneg-uneg di kepala. Jazakalloh ya jauzii atas pengertiannya πŸ’•.

Terimakasih banyak juga kepada mba Aswinda FBB alias ipar sayah yang mengenalkan grup keceh ini *kiss. Makasih teramat sangat juga kepada Mba Ruli ketua FBB yang sedari awal saya recokin masalah template melulu (sabar ya Mba punya anak buah macam sayah, ampuun). Teribble thanks also for my older sistah, mba Gita FBB yang sudah sabar dan ga bosan melayani segala kerempongan adiknya ini, sharing ini itu, tanya ini inu, dan sebagainya (adik?? Sejak kapan?? mba Gita said πŸ˜‚). Mba Antung FBB juga yang sudah bersedia menjawab keresahan dan kegalauan saya waktu transisi platform blog, makasih ya Mba padahal sendirinya repot sama kerjaan kantor dan anak pula *bighug. Daaann semua pengurus serta member yang selalu mendukung satu sama lain sampai si baby ini berumur setahun dan akan menyelenggarakan event bareng...........Wardah.

What???  Wardaah!??



Siapa yang ga kenal Wardah? Produk kecantikan ter-femes di Indonesia dan masih satu-satunya yang membuat muslimah tidak ragu untuk memakainya. Dan untuk sekelas komunitas seperti FBB yang notabene masih sangat muda ini bisa kerjasama bareng produsen besar macam wardah bikin saya tertegun, tercengang, sambil mulut ternganga mengucap "WOW" koq bisa?

Ok, secara resmi saya mau pay respect buat pengurus yang mengusahakan ini semua. Kereen bangett. Two thumbs!πŸ’ (Mudahan ga lebay ya)

Selain ngadain Blog Competition, FBB bersama Wardah juga ngadain Beauty Class gratis! Kamu yang berdomisili di Banjarmasin bisa ikutan banget, tenaaang ini tempatnya tertutup jadi aman mau buka kerudung buat facial dan make up-an. Mau ikutan? Menangin give awaynya dulu yuk. Caranya ada di instagram saya atau buka official instagram Female Blogger Banjarmasin.

Gratis buat pemenang. Lakasi umpatan give away nya luh! 😍


Hayuukk yang di Banjarmasin ikutaaan. Ada beauty class gratiss dari Wardah tanggal 22 oktober plus dapat goodie bagnya jugaak 😭 aku mauu, tapi ga bisa datang, jauuuhh 😩 kamu ikutan yuk. Ya ampuun, ini ga usah mikir 2x kalo aku di Banjarmasin dan sekitarnya #Repost @femaleblogger.bjm (@get_repost) ・・・ Mau ikut Beauty Class GRATIS bareng Wardah dan Hadiah Menarik buat 2 orang pemenang? Yuks ikuti Giveaway Female Blogger Banjarmasin dalam rangka merayakan Ulang Tahun yang PERTAMA. (Khusus daerah Banjarmasin dan sekitarnya). Rules : *Follow instagram @femaleblogger.bjm, @wardahbeauty dan @wardah_banjarmasin serta like fanpage facebook Female Blogger Banjarmasin *Repost foto kemudian pada caption kamu bisa tulis ucapan selamat ulang tahun, kritik, saran dan harapan untuk FBB dan ceritakan produk Wardah favorite kalian beserta alasannya * Tag juga IG FBB dan IG Wardah pada banner saat kalian me-repost *Mention 5 orang teman kalian untuk mengikuti giveaway ini. *Jangan lupa gunakan hastag #GiveawayFBBxWardah #FBBTurn1xWardah Note: *Komentar DONE jika sudah melengkapi semua syarat *Akun jangan diprivate agar kami bisa cek postingan kamu *Pemenang dipilih berdasarkan caption terbaik dan random dari pihak Female Blogger Banjarmasin *Keputusan pemenang tidak dapat diganggu gugat. *Unfollow setelah giveaway ini berakhir akan di block untuk giveaway berikutnya. Periode Giveaway ini dari tanggal 3 Oktober - 17 Oktober. Pengumuman dilakukan pada tanggal 20 Oktober. . . #bloggerindonesia #bloggerbanjarmasin #giveawaybanjarmasin #banjarmasin #banjarmasinbungas #bloggerbjm #giveaway
Sebuah kiriman dibagikan oleh Latifika Sumanti (@latifika_sumanti) pada


Ngomong-ngomong tentang Wardah, pasti donk saya juga punya produknya di rumah. Dan yang paling saya suka dari semua produknya adalah lipstiknya. Yeaah, hahaha. Akhirnya ya emak yang ga bisa dandan mulai perawan ting-ting ini bisa lipstikan juga akhirnya. Iya donk, sekarang udah ga malu lagi pakai pewarna bibir, kaan udah punya suami, hihihi.

Andalan: Long lasting peach dan Matte Nude
Apa alasan saya memilih lipstik Wardah? Apalagi kalo bukan karena sertifikat halalnya. It's priceless. Kalo teregistrasi dari BPOM sudah pasti kan yah, tapi mengantongi label halal dari MUI, hmmm ga semua bisa. Secara lipstik itu di bibir jadi rentan banget tertelan walau sangat sedikit jadi saya pilih yang aman di bibir dan nyaman di hati.

Saya paling syukaa sama yang warnanya peach, warna antara orange-pink gitu. Karena seger aja kalo liat orang make warna orange dan kelihatan lebih muda aja. Iya, saya emang mau keliatan segeran dan mudaan, wkwkwk. Maklumin ya.... karena saya memang masuk dalam barisan "emak-emak melawan tua", *eaaaa *lempar gincu

🌺🌺🌺

Well, di akhir tulisan ini saya berharap semoga FBB bisa lebih maju lagi, lebih cetar lagi, lebih solid lagi, lebih berfaedah lagi buat banyak orang, lebih banyak lagi berkontribusi bagi banua, dan kami di dalamnya bisa dapat ilmu blogging lebih banyak lagi, karena menulis tidak hanya semata untuk urusan dunia tapi juga akhirat.

Akhir kata saya ucapkan terimakasih banyak bagi yang sudah membaca dari awal sampai habis.

Salam love, peace, and gaull *halah




38 komentar:

  1. Wow! Selamat dan sukses selalu untuk FBB, ya! Semoga semakin jaya, dan mampu mengeratkan kebersamaan dan beri kehangatan dan manfaat tak hanya bagi membernya, tapi pastinya mampu memuaskan hati kliennya krn kinerjanya yang baik.

    Slmt juga utk Mba Fika, yang semakin leluasa blogging berkat dukungan dan pengertian mendalam dari Pak Suami, dan semoga makin kece ngeblognya. Yes, Mba. Terlepas dr akan dimonetize atau just for fun, writing is a self healing. Yuk, kita ngeblog!:)

    Wardah? Aku juga paling suka sama lipsticknya. Blush on nya juga kusuka deh! ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blush on nya masih belum berani nih mba, takut menor... Hihi. Padahal kalo tau ilmunya malah bagus yak...

      Termasuk tulisan mba Alaika yang bikin semangat di bulan awal blogging dan aku pakai kemana2 😊

      Makasih banyak mba udah meluangkan waktu mampir ke blog amatir ini, hihi

      Hapus
  2. Waaaa keren mbak Fika, aamiin buat semua do'anya. ^^

    Bagian quote itu, aku juga setuju sama mbak Alaika. Menulis bagiku benar-benar self healing :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren lagi mba Leha. Kalo baca punya mba leha aku ngerasa kebanting, sumvah...

      Ini cuman sesama org berpassion sama yang paham ya mba 😊

      Hapus
  3. Mba Fika 😍 Keren, Aamiin semoga semua doa nya terkabul buat FBB ya mba hihihi

    Di tunggu tulisan tentang PPD nya ya mba hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aiih, Aya ngapain nunggu cerita PPD aku? Aib banget... Heuuuu

      Hapus
  4. Waaah meet up FBB yaa..seru banget apalagi ada wardah cakep😍 semoga sukses selaluuuu Mak Fika

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mamacih mba Dira. Sukses juga terussssss buat mbaa eh maak Diraa πŸ˜†

      Hapus
  5. Salut dengan sukses blogging-nya. Sdh baca bberapa tulisan, dan alhamdulillah dpt banyak ilmu baru dan bermanfaat:) I want to love writing, even dream to be able consistently producing any written works, but am still struggling to create the habit>.<
    Smg dlm waktu dekat tulisan opini pertama (stlh sekian lama) bs selesai dan selanjutnya bisa rajin nulis sepertimu^_^ Aamiin

    Last but not least, happy birthday FBB! Smg semakin maju dan terus berkiprah mjd penyebar info dan ilmu inspiratif dan bermanfaat. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Translator kaya mba Arif mah udah biasa nulis ya, hihi...

      Wah, udah mau punya mahakarya ya??? Nanti kabarin mba Arif ya kalo udah launch *tiba tiba ngiri abis

      Hapus
  6. Selamat ulang tahun buay FBB.. Memang gabung di komunitas blogger itu membantu banget ya... Saya yang juga blogger amatiran ini jadi termotivasi (banget) untuk rajin nulis. Semoga semangat nulisnya ga pernah kendor ya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, beberapa kali kendor tapi krn masuk grup jadi keangkat lagi. Nanti kendor lagi keangkat lagi... Huhu, masih belum konsisten banget. Semoga semangat juga nulisnya ya mba Ayi

      Hapus
  7. Aduh mbak. Kalau mikirin harus ini itu dengan blog aku paling memalukan ya. Ngeblog mulai dari tahun 2006 saat masih kuliah. Bahkan 2004 di friendster �� Dan umur blog yang dikelola sekarang itu udah 8 tahun! Tapi isinya masih gitu gitu aja. ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Irni kita sepertinya bertipe sama, ga ngoyo soal monetize, tosss dulu, yeaay! Aku udah jalan2 ke blog mba,he.Salam kenal ya mba 😊

      Hapus
  8. Happy Birthday FBB yg pertama 😊 walaupun sudah bukan anggota FBB, banyak kenangan manis saat berada disana 😊 sukses terus FBB, semoga makin cemerlang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi pintu kami masih terbuka lebar buat mba Shovya πŸ€—

      Hapus
  9. Sy suka gaya penulisannya mbak, izin curi ilmunya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah,kalo gitu saling mencuri ilmu saja pak πŸ˜€ saya aja masih nyubi

      Hapus
  10. Kereen mba fikaa..
    Pokoknya aku setuju banget kalo ngeblog itu dijalanin dengan enjoy ajaa.. Monetize sih nomor sekian dulu.. Hihi..
    Dan yang paling enak itu kalo udah punya komunitas.. Berasa punya teman seperjuangan.. Semoga FBB makin jaya dan berkah.. Amiiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huuh mba winda.... Ngalir aja blogging ini ga usah ditarget banget. He... Just for sharing and refreshing... Monetize targetnya tahun depan kali yah. Eh, teteup ciin yak... Wkwk πŸ™ˆ

      Hapus
  11. Selamat ulang tahun FBB!! Makin setrong emak-emak blogger Banjarmasin.
    Memang paling senang kalau punya grup yang seaktivitas sama kita ya. Jadi makin semangat buat nulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, komunitas sesama passion itu bikin semangat kita terjaga, nambah ilmu, link, dll

      Hapus
  12. Selamat ulang tahun yang pertama, FBB! Semoga menjadi penyemangat untuk kita semua agar semakin rajin nulis.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba... Makasih dan salam semangat blogging yess! :)

      Hapus
  13. Moga FBB bisa kayak PBB yang mendunia dan rukun damai selalu :) selamat yaaaa....
    Saya juga pengen eh ada female blogger sidoarjo, gitu. Kan asyik bisa rumpi2 kumpul2 gitu...apalagi kalau wardah mau nyeponsorin juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whahaha, doanya mba Arta ya siswanto.. Hihi. Aamiin dulu deh

      Hapus
  14. Untuk FBB semoga makin berkembang aja ya mba semoga kita jadi komunutas yang unggul yey😍❤

    BalasHapus
  15. Sukses selalu FBB.:)) Cepat besar yaa hihi

    Duh jangan sebut mamak dong. Mahmud dong hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah menuju 30 jadi udh pantes menyandang gelar per-emak-an πŸ˜‚ maunya sih mahmud selamanya tapi apa daya mba.. Wkwkwk

      Hapus
  16. semangat selalu ya, Fika! Semoga FBB bisa menjadi wadah bagi blogger perempuan di Banjarmasin untuk bisa selalu berkarya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Antung :) semoga bisa sesemangat dan sekonsisten mba

      Hapus
  17. Self-healing.. Hmm aku setuju mbak. Anyway, doa terbaik juga buat FBB.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Self healing yang work banget kan Ca.. Hihi

      Hapus
  18. Samaaa. Setelah kenalan sama FBB baru deh lebih termotivasi buat menelateni blog πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan rela beli domain demi TLD ya mba.... Hehe. Jangan nanggung kata orang mah, nyebur sekalian

      Hapus
  19. Waaa ipar-an sama mbak Winda �� aku baru tau, ya ampun member kayak aku kenapa kudet banget sih ah hehe

    www.rima-angel.com

    BalasHapus
  20. Ridho seorang suami adalah kesuksesan bagi para isteri tsaaaah ��

    BalasHapus