Ngeblog? Why Not?

Assalamu'alaikum . . . .

Ini tulisan perdana aku di tahun 2018. Sebenarnya ada banyaaaak sekali ide di kepala buat tema tulisan, tapi aku syediih karena sering kebentur me-time yang ga seberapa. Sedangkan kalo mau nulis biasanya aku riset kecil-kecilan dulu dengan mengumpulkan tulisan orang yang bertemakan sama.

Jadi, daripada ga rilis-rilis tulisan terbaru, membuat blogku semakin menjadi butiran debu 😢 akhirnya malam ini aku putuskan untuk menulis ini sajah.

Ngeblog? Why Not? 

Kenapa aku ngeblog?

Pertanyaan ini sebenarnya udah terjawab di beberapa tulisanku sebelumnya. Beberapa kali aku bilang bahwa aku sedang men-terapi diriku sendiri, self-healing from my post partum depresion. Dan ini work banget bagi aku. Alhamdulillah sekali. Semenjak aku nulis di blog emosiku benar-benar menemukan jalan keluarnya. Bukan, bukan dengan kata-kata kasar yang aku tulis. Aku justru berusaha menulis sesuatu yang berfaedah bagi orang dan tentunya bagi diriku. Proses menguraikan kata-katanya itulah yang menjadi healing bagiku. Aku tak tau persis kenapa bisa begitu. Tapi, aku berharap suatu hari bisa menemukan jawabannya.

Kenapa aku ngeblog???

Karena aku perempuan. Sudah menjadi tabiatnya kaum hawa mengeluarkan kata-kata  lebih banyak daripada bani adam. 20.000 kata vs 7.000 kata! Jadi, wajar kalo perempuan itu lebih cerewet daripada lelaki. Entah itu kata-kata lisan atau dikeluarkan lewat goresan tangan. Intinya, harus dikeluarkan! Kalo tidak bagaimana?? Hmm, ya siap-siap "nyampah" dimana-mana 😂 . Bagiku ngeblog berarti mengurangi "sampah"  itu dan mengelolanya menjadi "sesuatu" yang lebih rapi dan tersusun, bermanfaat bagi banyak orang, dan bisa mengukur kemajuan diriku. Yess, I choose for having a blog.

Kenapa aku ngeblog???

Aku merasa ditakdirkan menjadi wanita non verbal. Aku ga pandai bicara, aku sering salah mengungkapkan sesuatu, juga sering salah ucap *hedeeeh 😣. Makanya aku lebih suka menulis. Lewat tulisan orang bisa tau maksudku apa. Lewat tulisan mereka bisa memahami pemikiranku. Lewat tulisan aku bisa mengungkapkan semua apa yang ingin aku ungkapkan.

Kenapa aku ngeblog???

Kalian tau, sebenarnya Fika SD dan Fika SMP adalah orang yang cukup "banyak omong" , cas cis cuss wes lah pokoknya, ga malu-malu. Sekarang?? 😅 Padahal seperti yang kalian tau, skill bahasa itu memperlihatkan kecerdasan si empunya. Berarti gueh?? 🙈 dengan berat hati aku katakan, iya, aku mengalami kemunduran dalam kecerdasan 😭.

Awal kuliah adalah momen yang aku curigai sebagai asal muasal degradasi itu. Belum lihai bersepeda motor membuatku dirundung cemas setiapkali berjalan di ibukota provinsi tempatku kuliah. Sering sekali aku terjatuh dari sepeda dan unfortunately selalu kepala jadi korban. Mungkin sambungan sinaps di otakku banyak yang putus, singkat cerita aku jadi susah berkomunikasi sejak itu dan untuk mencapai target IPK yang aku inginkan harus jatuh bangun mengejarnya. Memahami pelajaranpun jadi susah. Sungguh sebenarnya aku ga suka menceritakan ini 💔💔💔, benar-benar membuatku menjadi reremahan debu kosmik yang melayang-layang di angkasa.

Oleh karenanya aku ingin "membangun" kembali  syaraf-syaraf itu -kalopun bisa. Dengan apa? Yaa dengan menulis ini. Karena menulis aku harus memilih kata, belajar mengungkapkan apa yang aku pikirkan, mencari data penunjang tulisan, dan selalu berpikir bagaimana tulisan bisa bermanfaat bagi orang lain dan diriku. Yess, with blogging I can push my self to activate neurons.

Itulah beberapa poin yang menjadi alasan kuatku membuat blog ini. Kata orang blogger lagi naik daun ya? Aku jawab meneketehe alias I don't care. Karena aku menulis bukan untuk ikut-ikutan, kekinian, ngetrend, atau bla bla bla bla. Aku hanya ingin menulis untuk kesehatan jiwa dan otakku.

Salam coret-coreett!

2 komentar:

  1. Semangat terus mb fika ngeblognya.. Insya Allah semua tulisan pst menemukan pembacanya.. Smuanya mmg butuh proses yg memakan waktu lama dan konsisten mmg hal tersulit. Tp sesulit apapun buat sj tulisan. Insya Allah it merupakan latihan yg bermanfaat.. *sok banget ya ak aj jg jrg nulis nih skrg��

    BalasHapus
  2. Mari kita sama-sama ngeblog mbak. Semangat!

    BalasHapus